Lolos Program Kartu Prakerja, Segera Lakukan Pembelian Pelatihan

Informasi kekinian, hasil seleksi program Kartu Prakerja gelombang 13 secara resmi telah diumumkan pada Rabu (10/3/2021). Peserta bisa login melalui www.prakerja.go.id, kemudian cek dashboard pada akun Prakerja.

Pastikan nomor HP yang didaftarkan pada akun Prakerja aktif. Karena pemberitahuan juga di sampaikan Manajemen Kartu Prakerja melalui SMS.

Jika lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 13, peserta akan dapat melihat nomor Kartu Prakerja, status saldo, serta nomor akun e-wallet yang sudah didaftarkan pada dasboard akun Kartu Prakerja.

Bagi yang tidak lolos juga akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja dengan keterangan "Kamu Belum Berhasil."

Peserta yang tidak lolos akan kembali diberikan kesempatan untuk mendaftar untuk Kartu Prakerja Gelombang 14.

Peserta yang lolos akan mendapatkan dana Rp 1 juta untuk mengikuti pelatihan, bukan diuangkan. Kemudian memilih jenis pelatihan yang ingin diikuti di Mitra Platform Digital Resmi.

Peserta harus melakukan pembelian pelatihan dalam jangka 30 hari setelah mendapatkan pemberitahuan. Jika belum membeli pelatihan dalam waktu tersebut, maka Kartu Prakerja akan dinonaktifkan dan tidak bisa mendaftar Kartu Prakerja lagi.

Kemudian peserta akan mengikuti pelatihan secara online. Selain mendapatkan sertifikat elekronik setelah pelatihan, peserta harus memberikan ulasan dan penilaian (rating) pada pelatihan yang diikuti.

Peserta akan menerima dua macam dana insentif Rp 600 ribu selama 4 bulan. Dana kedua diberikan setelah mengisi survei evaluasi sebesar Rp 50 ribu setiap survei.

Sementara itu, terdapat kebijakan baru bagi peserta sebelum membeli produk pelatihan.
Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menyebut, setelah peserta menerima dana insentif, mereka harus menonton tiga tayangan visual durasi hingga 3 menit.

Video tersebut tayang pada laman prakerja.go.id, dan berisi penjelasan tentang program Kartu Prakerja hingga tata cara membeli produk pelatihan.