Setelah Renovasi, Nepal van Java Dibuka Kembali Untuk Wisatawan

foto : instagram | nepal_van_java

Informasi kekinian, setelah ditutup sementara sejak 19 Oktober lalu, kawasan Wisata Nepal van Java di Dusun Butuh, Jawa Tengah telah dibuka kembali untuk umum. Hal itu dilakukan setelah pembenahan terhadap sejumlah fasilitas.

Lokasi dusun yang berada di lereng gunung, membuat rumah penduduk terlihat bertumpuk seperti di Nepal. Julukan Nepal van Java pun melekat pada Dusun Butuh ini. Terletak di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Dusun Butuh Lilik Setiyawan menyebut pembenahan dilakukan pada Patung Naga sebagai ikon Dusun Butuh. Patung itu kini dijadikan sebagai spot swafoto terbaru, dan gardu pandang di bawah dan di atas Dusun Butuh.

Tiket masuk dikenakan Rp 8.000, parkir motor Rp 3.000, dan mobil Rp 10.000. Pengunjung dapat berswafoto secara gratis di lokasi Patung Naga. Sementara untuk gardu pandang bawah, wisatawan dikenakan Rp 3.000 dan gardu pandang yang atas dikenakan Rp 5.000.

Berkunjung ke Nepal van Java disarankan saat pagi hari dan cuaca cerah, agar bisa menikmati pemandangan indah. Ketika berkendara, terutama motor, disarankan juga menyapa warga yang sedang duduk atau berjalan di pinggir jalan. Karena pengunjung tetaplah tamu. Jadi harus menghargai tuan rumah, yaitu masyarakat sekitar.