Google Tunda Rilis Android 11, Akibat Kematian George Floyd

Foto : Developer Android

Informasi kekinian, agenda "What's new in Android" dan "All things privacy in Android 11" ditunda, karena kerusuhan akibat kematian George Floyd di Minneasota, AS. Tidak dijelaskan alasan penundaan tersebut, tetapi melalui akun Twitter resmi @AndroidDev menyebut bahwa ini bukan waktu yang tepat untuk mengadakan perayaan.

George Floyd, pria kulit hitam yang tewas setelah seorang oknum polisi melakukan kekerasan terhadapnya di Minneasota.

Kematian Floyd memunculkan isu rasisme di AS, membuat sebagian besar kalangan bersimpati, mulai dari politisi, selebriti, hingga influencer gadget.

Google mengumumkan menunda acara tahunan Google I/O yang awalnya digelar pada Mei, akibat pandemi Covid-19. Google I/O adalah ajang yang digunakan Google untuk mengenalkan produk baru, seperti ponsel Pixel dan OS Android terbaru.

Belum ada konfirmasi dari Google mengenai jadwal ulang acara perilisan. Namun penundaan ini tidak akan mengubah jadwal peluncuran Android 11 versi final, yang direncanakan pada kuartal III-2020.

Google telah merilis Android 11 versi developer preview. Terdapat beberapa penampakan fitur baru yang akan dibawa, seperti perekaman layar bawaan dan riwayat notifikasi.

Perilisan Android 11 versi beta dikabarkan akan mencakup versi final API SDK dan NDK. Lalu versi beta 2 yang rencananya dirilis bulan Juli, ditargetkan sudah stabil. Kemudian perilisan versi beta 3 versi final, akan diselenggarakan pada Agustus 2020.