Nonton Video Kepanjangan? Tenang, YouTube Rilis Fitur Baru untuk Skip Video

Foto : StockSnap by Pixabay

Informasi kekinian, beberapa waktu lalu YouTube menguji coba fitur baru bernama video Chapters. Fitur tersebut berguna untuk mempermudah penonton mencari bagian-bagian video yang diingkan dalam sebuah video berdurasi panjang.

Terkadang ketika menonton video tutorial atau video apapun di YoTube dengan prolog panjang dan bertele, membuat kita sebagai penonton tidak sabaran untuk lompat ke video penjelasan inti.

Kabar bagusnya, YouTube telah merilis secara resmi satu fitur yang bisa melakukan itu sejak 28 Mei 2020 lalu. Namanya fitur 'Chapters', tersedia di YouTube versi web dan mobile, baik Android maupun iOS.

Chapters memiliki timestamps (penanda waktu) yang menandai setiap bagian dengan judul pembahasan. Misalnya pada menit 1:00 adalah pengenalan produk, pada menit 10:00 kesimpulan, dan sebagainya. Jadi penonton bisa memilih bagian video yang ingin ditonton.

Timestamps berwujud garis patah-patah yang terdapat pada bagian control bar. Cukup arahkan kursor ke salah satu garis tersebut, maka judul pembahasan akan muncul. Pembagian timestamps dan pembahasan mengacu pada deskripsi video yang diisi oleh kreator. Kreator bisa mulai menandai bagian video mulai menit ke 0:00.

Tiap bagian mesti berdurasi setidaknya 10 detik dan terdiri dari minimal tiga timestamps sebagaimana KompasTekno rangkum

Menurut Engadget, Jumat (29/5/2020), jika kreator tidak menulis pembagian tersebut, Chapters tidak akan muncul.

Chapters tidak hanya mempermudah saat ingin mencari bagian video yang ingin ditonton, penonton juga bisa mengulang-ulang bagian tersebut dengan mudah. Selain itu juga membantu penonton tanpa harus mempercepat, rewind, atau menebak-nebak menit bagian yang ingin ditonton.