Samsung Perkenalkan Galaxy Tab S7 dan S7 Plus

foto : samsung

Informasi kekinian, Samsung kembali meluncurkan deretan perangkat terbarunya dalam event 'Galaxy Unpacked' yang digelar secara online, Rabu (5/8/2020) lalu.

Selain Galaxy Note 20 series, Samsung juga memperkenalkan Galaxy Tab S7, dan untuk pertama kalinya Galaxy Tab S7 Plus. Keduanya mendukung refresh rate 120 Hz, yang memungkinkan pengguna melihat animasi di layar dengan mulus.

Galaxy Tab S7 dan S7 Plus memiliki ukuran yang berbeda. S7 memiliki layar 11 inci, sedangkan S7 Plus memiliki model 12,4 inci.
S7 memiliki LCD yang lebih konvensional, sementara itu S7 Plus memiliki panel OLED.

Dibandingkan iPad Pro, S7 dan S7 Plus memiliki area permukaan yang jauh lebih kecil. Lebih cocok untuk menonton video daripada produktivitas dengan rasio aspek 16:10.

Samsung mengubah desain dengan mempertajam tepi dan S Pen menjadi silinder yang lebih ramping. Tab S7 memiliki pemindai sidik jari bawaan, sementara S7 Plus memiliki pemindai in-screen fingerprint.

Dibekali RAM 6 GB atau 8 GB dan kapasitas media penyimpanan 128 GB/256 GB yang bisa diperluas hingga 1 TB dengan micro SD. Tenaga utama mengandalkan chipset Snapdragon 865 Plus yang mendukung konektivitas 5G. 

Memiliki dua kamera belakang (13 MP + 5 MP ultrawide) dan satu kamera depan (8 MP). Kedua tablet juga sudah dibekali dengan tiga aplikasi bawaan untuk menunjang produktivitas pengguna, mencakup Noteshelf, Canva, dan Clip Studio.

Galaxy Tab S7 dan S7 Plus memiliki quad speaker dengan penyetelan Dolby Atmos dan mendukung pengisian daya hingga 45 watt pada port USB-C mereka. Namun, keduanya tidak memiliki jack headphone.

Baterai Galaxy S7 Plus, yang berkapasitas 10.090 mAh, lebih besar dibanding versi reguler yang hanya berkapasitas 8.000 mAh. Tapi keduanya memiliki teknologi pengisian cepat dengan arus 45 watt.

Terdapat fungsi Samsung DeX yang bisa mengubah tablet ini menjadi layaknya PC desktop, ketika terhubung dengan monitor eksternal, serta aksesori untuk menunjang produktivitas seperti cover keyboard.

Dikutip dari gizmologi, Samsung akan memulai memasarkan Galaxy Tab S7 pada 21 Agustus mendatang. Di Indonesia sendiri, pre-order yang dimulai baru Galaxy Note20 series saja. Meski begitu, terdapat rumor jika Samsung akan menjual kedua perangkat seharga Rp12,999 juta dan Rp15,999 juta, masing-masing untuk varian biasa dan Plus.

Galaxy Tab S7 dan S7 Plus tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Mystic Black, Mystic Bronze, dan Mystic Silver.